PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF BERBASIS WEB DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK PEMBELAJARAN TERMOKIMIA DI KELAS XI IPA SMA
Daftar Isi:
- Pengembangan LKPD interaktif berbasis web dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) telah dilakukan dan diterapkan dalam pembelajaran Termokimia di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Prabumulih. LKPD ini dikembangkan menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Evaluasi produk menggunakan model evauasi Tessmer dan diperoleh nilai validitas pedagogic sebesar 3,3 dengan kriteria sangat valid, validitas konten sebesar 3,3 dengan kriteria sangat valid, dan validitas desain sebesar 3,4 dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan diperoleh dari tahap ujicoba one to one dan small group. Pada tahap one to one diperoleh nilai sebesar 3,29 dengan kriteria sangat praktis dan pada tahap small group diperoleh nilai sebesar 3,52 dengan kriteria sangat praktis. Keefektifan produk diperoleh dari nilai pretest dan posttest yang menunjukkan bahwa LKPD interaktif berbasis web dinyatakan efektif dengan nilai N-gain Score yang diperoleh sebesar 0,63 dengan kriteria sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD interaktif berbasis web dengan pendekatan CTL telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan pada pembelajaran termokimia.