Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X di SMAN 8 Palembang pada mata pelajaran kimia setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan (T0) sebesar 67,3 dengan persentase ketuntasan belajar 52,5%, terjadi peningkatan pada siklus I (T1) menjadi 70,25 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 65%, pada siklus II (T2) meningkat menjadi 76,25 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 85% dan pada siklus III (T3) meningkat menjadi 81 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 87,5%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia, ditunjukkan dari T3>T2>T1>T0.