Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Kelas B1 Di TK Nurul Hidayah Palembang” yang menjadi rumusan masalah pada penelitian yaitu adakah pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelas B1 TK Nurul Hidayah Palembang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh permainan Puzzle terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelas B1. Jenis penelitian menggunakan Pre-Eksperimen dengan desain The One-Shot Case Study. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas B1 yang berjumlah 18 anak yang diambil dengan cara Purposive Sampling dengan pertimbangan kemampuan anak yang bervariasi serta jumlah anak yang memungkinkan diterapkannya permainan Puzzle. Hasil analisis data dalam pembuktian hipotesis adalah one sample t test diperoleh hasil nilai thitung = 9,65 sedangkan dari tabel distribusi t pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 18 didapat nilai tabel =1,73 oleh karena itu sesuai kriteria pengujian bahwa thitung ttabel yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya bahwa permainan puzzle dapat berpengaruh terhadap kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri pada anak kelas B1 di TK Nurul Hidayah Palembang.