KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SETELAH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOAL OLIMPIADE PADA PEMBINAAN OLIMPIADE MATEMATIKA SMP NEGERI 1 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran mengenai kemampuan komunikasi matematis setelah pembelajaran menggunakan soal olimpiade pada pembinaan olimpiade matematika SMP Negeri 1 Palembang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII yang telah diseleksi untuk ikut dalam pembinaan olimpiade matematika, yang berjumlah 18 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa setelah pembelajaran menggunakan soal olimpiade dilihat dari tingkat klasikalnya tergolong cukup dengan rata-rata nilai tes kemampuan komunikasi matematisnya adalah 69,18%. Persentase nilai siswa yang memiliki kemampuan komunikasi sangat baik sebesar 16,67%; kemampuan komunikasi yang baik sebesar 44,44%, kemampuan komunikasi matematis cukup sebesar 5,55%, kemampuan komunikasi matematis kurang 22,2% dan komunikasi matematis sangat kurang adalah 11,11%. Satu indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu kemampuan menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi dikategorikan cukup dan lebih rendah dari dua indikator yang lain.