PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ISTITOAH PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Tematik Dalam Menstimulasi Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Istito’ah Palembang”. Penelitian Deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran tematik dalam menstimulasi kemampuan berbicara. Data dikumpulkan dengan teknik observasi menggunakan instrument checklist dan analisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil pengamatan atau observasi penelitian yang sudah dilakukan dapat dilaporkan gambaran Penerapan Model Pembelajaran Tematik Dalam Menstimulasi Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Istito’ah Palembang selama tiga hari pertemuan analisis hasil data pada ketiga pertemuan diperoleh rata – rata anak yang berada pada rentang 86-100 sebanyak 4 orang (40%) kategori berkembang sangat baik (BSB) dan terdapat rata – rata anak berada pada rentang nilai 71-85 sebanyak 3 orang (30%) kategori berkembang sesuai harapan (BSH), selanjutnya rata – rata anak yang berada pada rentang nilai 56-70 sebanyak 2 orang (20%) kategori mulai berkembang (MB) dan rata – rata anak berada pada rentang 41-55 sebanyak 1 orang (10%) kategori belum berkembang (BB). Secara keseluruhan dapat disimpulkan gambaran kemampuan berbicara anak sudah baik dengan nilai rata – rata 75,39 dengan berkembang sesuai harapan (BSH). Untuk itu disarankan bahwa model pembelajaran tematik dalam menstimulasi kemampuan berbicara anak dapat digunakan dalam pembelajaran di Paud