Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitianeksperimendilakukan untuk membuktikan Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Pengambilan sampel meng-gunakan teknik Cluster Random Sampling,sehinggaterpilih kelas XI IPS 3 yang berjumlah 35 peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dan observasi. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu dengan uji-t, sehingga diperoleh hasil thitung 27,71 > ttabel 1,669 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Disarankan dalam penerapan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate ini, guru harus mampu membimbing peserta didik dalam mem-buat kreasi presentasi yang menyenangkan berkaitan dengan materi, tujuannya mempersingkat penggunaan waktu saat diskusi kelompok sehingga waktu belajar cukup digunakan tiap kelompok mempresentasikan hasil kreasi masing-masing.