Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Islam Az-Zahrah Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain eksperimen pre eksperimental design dengan bentuk One Group Pre-test-post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPS di SMA Islam Az-Zahrah Palembang yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji t-test sampel related dan diperoleh thitung = 40,12 ≥ ttabel = 1,6541 maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Islam Az-Zahrah Palembang. Disarankan dalam menerapkan model pembelajaran berbasis proyek harus melatih pemikiran peserta didik untuk mengelola informasi dengan baik dan memfokuskan pada setiap tahapan proses pembelajaran serta membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran.