Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 8 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang menggunakan desain pre-experimental design, dengan bentuk one grup pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS di SMA Negeri 8 Palembang. Sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling, yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Uji hipotesis menggunakan statistik parametris regresi sederhana, korelasi product moment, koefisien determinan dan uji-t, sehingga hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 47,291 dimana thitung ≥ ttabel = 47,291 ≥ 1,994 maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima . Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 8 Palembang. Bagi guru yang akan menerapkan model pembelajran Menas-Ends Analysis agar dapat mengondisikan kelas dan membimbing aktivitas peserta didik pada saat kegiatan diskusi .