PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang termasuk ke dalam jenis penelitian pre-eksperimen design dalam bentuk one grup pre test post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS di SMA Negeri 3 Palembang. Sampel penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling dan sampel terpilih adalah kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji-t test sample related dan diperoleh thitung ≥ ttabel maka hipotesis yang HO ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Palembang. Penelitian ini hanya meneliti pada ranah kognitif, sehingga disarankan pada penelitian selanjutnya untuk meneliti dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.