Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untukmendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E di SMP Negeri 6 Palembang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palembang yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis berupa 6 soal berbentuk uraian, dimana soal tes tersebut diberikan setelah proses pembelajaran dan mengacu pada 5 indikator pemahaman konsep. Berdasarkan hasil tes siswa, diketahui bahwa persentase kemampuan pemahaman konsep siswa menggunakan learning cycle 7E pada pembelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 6 Palembang dikategorikan sangat baik dan baik dengan persentase sebesar 77,78% dengan rincian sebesar 37,04% untuk kategori sangat baik dan sebesar 40,74% untuk kategori baik. Terdapat juga siswa dalam kategori cukup, kurang dan sangat kurang dengan persentase sebesar 32,22% dengan rincian sebesar 14,81% dalam kategori cukup, 3,70% dalam kategori kurang dan 3,70% dalam kategori sangat kurang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan model Learning Cycle 7E tergolong baik.