Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran Problem Posing pada mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 15 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain eksperimen pre eksperimental design dengan bentuk One Group Pre-test-post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMA Negeri 15 Palembang yang berjumlah empat kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji t-test sampel related dan diperoleh thitung = 39, 45 ≥ ttabel = 1,658 maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran model pembelajaran Problem Posing pada mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 15 Palembang. Adapun peningkatan hasil belajarnya dapat dilihat yaitu sebesar 43,8 dari rerata nilai pretest 34,8 dan posttest 78,6. Model pembelajaran Problem Posing sangat mengacu pada keaktifan peserta didik maka disarankan penelitian selanjutnya harus menyampaikan arahan secara jelas pada awal pembelajaran, serta lebih sering berkelilling kelompok agar seluruh anggota kelompok berperan aktif dalam pembelajaran.