Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk membuktikan Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental design dengan bentuk one grup pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X IIS di SMA Negeri 15 Palembang. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling sehingga diperoleh kelas X IIS 2. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yaitu normalitas data dan linieritas regresi serta uji hipotesis menggunakan korelasi pearson product moment, koefisien determinan dan uji t.Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji-t dan diperoleh hasil thitung 39,16 > ttabel 1,672 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Disarankan guru yang akan menerapkan model pembelajaran ini agar membimbing segala aktivitas peserta didik baik dalam kegiatan membaca mandiri maupun ketika berdiskusi.