PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP SRIJAYA NEGARA PALEMBANG
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Experiential Learning terhadap kemampuan menulis teks deskripsisiswa kelas VII SMP Srijaya Negara Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Experiential Learning terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Srijaya NegaraPalembang. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental-Reseach). Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran Experiential Learning sebagai variabel bebas dan kemampuan menulis teks deskripsi sebagaivariabel terikat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII, yang menjadi sampel kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan sebagai kelas pembanding(kontrol) yaitu kelas VII A. Hasil tes awal menulis teks deskripsi pada siswa kelas eksperimen diperoleh nilai rata-ratanya hanya 58,03 setelah diberikan tes akhir nilai rata-rata siswa kelas eksperimen mencapai 74,71. Nilai rata-rata tes awal menulis teks deskripsi pada siswa kelas kontrol mencapai 56,74, setelah diberikantes akhir nilai rata-rata kelas kontrol mencapai 66,97. Artinya penggunaan model pembelajaran Experiential Learning mampu mempengaruhi kemampuan menulisteks deskripsi dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secaraoptimal. Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukkan nilai bahwa t (hitung) > t(tabel) atau 4,419 > 1,668 dengan df = 67 pada tingkat signifikansi 95% (α =0,05). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa penggunaanmodel pembelajaran Experiential Learning memberikan pengaruh terhadapkemampuan menulis teks deskripsi.