PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 6 PALEMBANG
Daftar Isi:
- penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif dengan menggunakan Adobe Flash CS6 yang valid dan praktis, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efek potensial penggunaan multimedia interaktif dengan menggunakan Adobe Flash CS6 yang dihasilkan terhadap hasil belajar peserta didik.Model pengembangan ini yang digunakan adalah Model Rowntree yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi yang telah dimotidifikasi dengan evaluasi formatif terssmeer. untuk melihat validitas, peneliti menggunakan lembar validasi yang dilakukan pada tahap penilaian para ahli (Expert Review) dengan hasil rata-rata penilaian para ahli media dan ahli materi sebesar 75% dengan kategori valid. untuk melihat praktikalitas, dilakukan pada tahap uji satu-satu (one to one) melalui wawancara dengan hasil presentase sebesar 72,7% dan kelompok kecil (small group) menggunakan lembar kuisioner dengan hasil rerata tanggapan peserta didik sebesar 83,3% dengan kategori baik. untuk melihat efek potensial dilakukan pada tahap uji lapangan (field test) dengan menggunakan hasil belajar awal (pre-test) dan tes hasil belajar akhir (post-test).filed Test dalam penelitian ini dilakukan di kelas X.10 IPS 2 dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 peserta didik dan hasil presentase peningkatan nilai tuntas sebesar 45,9% serta total rerata nilai tuntas sebesar 86,4% telah melewati kriteria ketuntasan klasikal sebesar 85%, sehingga penggunaan multimedia interakitf yang dihasilkan ini termasuk memliki efek potensial. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa multimedia interaktif dengan menggunakan Adobe Flash CS6 yang dihasilkan valid, praktis, serta memliki efek potensial pada mata pelajaran Ekonomi dan dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran.