Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Brain Writing terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI IPS 1 berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model Brain Writing dan kelas XI IPS 2 berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol dengan perlakuan model konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah perhitungan uji-t menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 63,15 meningkat menjadi 85,48 pada tes akhir. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 22,33. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 59,33 meningkat menjadi 74,33 pada tes akhir. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 15,00. Hasil analisis data dengan uji-t menunjukkan bahwa thitung = 8, 306 > ttabel 1,998 dengan df64 pada tingkat signifikan 95% (α=0,025). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi kelas XI SMA Negeri 5 Palembang. Dengan demikian, Ha berbunyi “Ada perbedaan antara keterampilan siswa yang diajarkan dengan model Brain Writing dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi” diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model Brain Writing lebih berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palembang. Kata kunci: Pengaruh Model Brain Writing, Menulis Teks Eksplanasi