Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis PREZI 5.2.8 pada Mata Pelajaran Sejarah untuk Sekolah Menegah Atas”. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana mengembangkan media pembelajaran sejarah yang valid. Kevalidan media ini dinilai melalui evaluasi tiga ahli yakni ahli desain pembelajaran, ahli materi dan ahli media. Kevalidan desain pembelajaran termasuk dalam kategori valid dengan rerata nilai 3,73, kevalidan materi juga termasuk dalam kategori valid dengan rerata 4,00 dan kevalidan media juga termasuk dalam kategori valid dengan rerata 3,92,. Efek potensial media pembelajaran sejarah ini terlihat dari hasil uji lapangan atau field test yang dilakukan di Sekolah Menegah Atas Negeri 7 Palembang dengan rerata nilai pre test siswa (37,9) yang termasuk kategori rendah dan memperoleh peningkatan setelah post test dengan rerata (78,) dari 0% jumlah siswa yang mencapai criteria ketuntasan minimal menjadi 36 siswa atau 92,6 % mencapai Kriteria Kentutasa Minimal (KKM). Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran sejarah untuk kelas X sekolah menengah atas dinyatakan valid dan efektif bagi peserta didik.