Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan adanya indikasi perilaku penyimpang, berupa kenakalan siswa di SMK YP Gajah Mada Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh intensitas komunikasi dalam keluarga terhadap kenakalan siswa dan seberapa besar pengaruh intensitas komunikasi dalam keluarga terhadap kenakalan siswa di SMK YP Gajah Mada Palembang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori intensitas komunikasi menurut Devito, dan teori kenakalan siswa menurut Philip Rice dan Gale Dolgin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data diperoleh dari data primer yaitu melalui penyebaran kuesioner dan data sekunder yaitu melalui beberapa dokumen, bukti, literature, arsip, dan laporan hasil kerja SMK YP Gajah Mada Palembang . Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis eksplanatif dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa intensitas komunikasi dalam keluarga menunjukan signifikan terhadap variable kenakalan siswa sebesar 67,5%. Artinya terdapat pengaruh intensitas komunikasi dalam keluarga terhadap kenakalan siswa SMK YP Gajah Mada Palembang.