Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan signifikan model Picture and Picture terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh model Picture and Picture terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palembang. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimental-reseach). Variabel penelitian ini adalah model Picture and Picture sebagai variabel bebas dan kemampuan menulis teks eksplanasi sebagai variable terikat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII, yang menjadi sampel kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes analisis data menggunakan program SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menulis teks eksplanasi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal pada kelas kontrol sebesar 55,03 dengan skor terendah adalah 45 dan tertinggi 65. Nilai rata-rata pada skor tes akhir kelas kontrol adalah 70,14 dengan nilai terendah adalah 59 dan tertinggi 80. Sedangkan diketahui kelas eksperimen pada tes awal nilai terendah adalah 49 tertinggi 72 dengan rata-rata skor 57,61. Pada tes akhir kelas eksperimen nilai terendah adalah 66 tertinggi 88 dengan rata-rata skor 77,06 Hasil analisis data dengan uji-t menunjukkan bahwa t hitung > t tabel atau 4,829 > 1,667 dengan df= 71 pada signifikansi 95% (α = 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulist teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palembang pada kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Picture and Picture berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi.