Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode SCAMPER dalam LKPD terahdap hasil belajar kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 4 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design denggan jenis rancangan One Group Pretest-Posttest Designs. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 orang peserta didik kelas IV.B. Instrumen penelitian berupa LKPD dengan mengunakan metode SCAMPER. Adanya pengeruh metode SCAMPER dalam LKPD dilihat dari rata-rata posttest adalah 67,5 dan data pretest dan posttest berdistubusi normal dengan nilai km 0,66 dan -0,20. Analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus pretest dan posttest one groups design diperole dari ttabel = 0,367 sedangkan thitung 3,50 dengan taraf signifikan 5%. Karena thitung>ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode SCAMPER dalam LKPD terhdap hasil belajar kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 4 Palembang