PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 18 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 18 Palembang. Metode penelitian menggunakan eksprimen semu dengan desain penelitian The Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian yaitu kelas VII 5 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa, dengan perlakuan model pembelajaran Think Pair Share, dan kelas VII 6 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa, dengan model discovery Learning. Teknik pengumpulan data yaitu tes menulis cerita fantasi, teknik pengolahan data dengan uji-t dengan menggunakan program SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Mean pada pretest kelas eksperimen 56,53 mengalami peningkatan sebesar 23,36 menjadi 79,88 pada postest. Mean pada pretest kelas kontrol 55,50 mengalami peningkatan sebesar 16,78 menjadi 72,28 pada postest. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung > ttabel = 4,963>1,999 dengan df = 62 pada tingkat keberhasilan 95% (α =0,025), karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan diterimanya Ha, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share berpengaruh dalam pembelajaran menulis cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 18 Palembang.