PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI INTI ATOM BERBASIS STEM UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Daftar Isi:
- Telah berhasil dikembangkan multimedia interaktif materi inti atom berbasis STEM untuk siswa SMA yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Tahap evaluasi menggunakan teknik evaluasi Tessmer yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket. Berdasarkan hasil expert review dari dua aspek penilaian diperoleh rata-rata penilaian para ahli sebesar 92,7% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil one-to-one evaluation diperoleh rata-rata tanggapan siswa terhadap penggunaan video pembelajaran sebesar 88% dengan kriteria praktis dan mengalami peningkatan pada tahap small group evaluation dengan diperoleh rata-rata tanggapan siswa terhadap penggunaan video pembelajaran sebesar 85,6% dengan kriteria sangat praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan valid dan praktis sehingga diperoleh kesimpulan bahwa multimedia interaktif pada materi inti atom berbasis STEM yang dikembangkan peneliti layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika di tingkat SMA.