PENERAPAN FULL DAY SCHOOL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 2 KAYUAGUNG
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Pengaruh penerapan Full Day School terhadap motivasi belajar peserta didik di SMAN 2 Kayuagung”. Permasalahan yang diangkat adalah Bagaimana perbedaan motivasi antara peserta didik yang mengikuti full day school dengan peserta didik yang tidak mengikuti full day school. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimental dengan menggunakan desain penelitian berbentuk “before-after”. Uji validitas dan uji realibilitas digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur ketepatan dan kebenaran dari instrument penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif yaitu dengan menggunakan uji hipotesis untuk menarik suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan peneliti mengenai pengaruh Full Day School terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik di SMAN 2 Kayuagung, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan penerapan Full Day School terhadap peningkatan motivasi belajar dari peserta didik. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis apabila Fhitung > Ftabel maka tolak Ha dan terima H0 yang menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruhnya penerapan Full Day School terhadap usaha meningkatkan motivasi belajar dari peserta didik di SMAN 2 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan.