PERAN HUMAS DALAM MENGELOLA KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi mengenai Sponsorship di Departemen Humas PT Pupuk Sriwidjaja)
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas mengenai kegiatan pemberian bantuan sponsorship yang dijalankan oleh Humas PT Pupuk Sriwidjaja Pelembang dan proses yang dilakukan dalam menjalankan kegiatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriprif kualitatif dengan tujuan untuk menggambarkan semua kondisi, situasi, dan fenomena sosial apa saja yang terjadi di masyarakat. Metode pengumpulan data diselesaikan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengidentifikasi dan mendeskripsikan hal-hal yang terjadi pada peran humas dalam mengelola pemberian bantuan sponsorship papa peran penasihat ahli, peran fasilitator komunasi, peran fasilitator pemecahan maslah dan peran teknisi komunikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa staff humas dan PT Pupuk Sriwidjaja dalam menjalankan perannya dalam melakukan pemberian bantuan sponsorship terdapat beberapa keuntungan perusahaan didalam kegiatan pemberian bantuan. Keuntungan yang didapat berupa hubungan perusahaan dengan masyarakat terjalin lebih baik, nilai value perusahaan meningkat dan citra perusahaan yang meningkat. Selain itu tujuan perusahaan melakukan kegiatan pemberian bantuan sponsorship sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat yang mana PT Pupuk Sriwidjaja merupakan perusahaan besar yang berada di kota Palembang.