PENGARUH STRATEGI FOXFIRE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 18 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi Foxfire terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 18 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eskperimen semu. Sampel penelitian yaitu kelas VII.7 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa, diberi perlakuan menggunakan strategi Foxfire dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa, diberi perlakuan menggunakan strategi Discovery. Teknik pengumpulan data dengan tes yaitu menulis teks deskripsi. Teknik pengolahan data menggunakan uji-t dengan program SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Mean pada pretest kelas eksperimen 46,53 mengalami peningkatan sebesar 32,10 menjadi 78,63 pada post-test. Mean pada pretest kelas kontrol 39,78 mengalami peningkatan sebesar 16,78 menjadi 56,56 pada post-test. Dari hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung> ttabel(8,551 > 1,999) dengan taraf df=62 pada tingkat keberhasilan 95% (α=0,025). Karena thitunglebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan diterimanya Ha, dapat disimpulkan bahwa strategi Foxfire berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 18 Palembang.