PENGARUH STRATEGI ROLE AUDIENCE FORMAT TOPIC (RAFT) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Role Audience Format Topic terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 5 Palembang. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu. Sampel penelitian ini yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dengan perlakukan strategi Role Audience Format Topic sedangkan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang dengan perlakuan strategi Discovery. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis teks negosiasi. Teknik analisis data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen sebesar 54,82 mengalami peningkatan sebesar 28,00 menjadi sebesar 82,82 pada tes akhir sedangkan nilai rata-rata tes awal kelas kontrol sebesar 52,09 mengalami peningkatan sebesar 23,58 menjadi sebesar 75,67 pada tes akhir. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung > ttabel atau 4,044 > 1,925 dengan df = 64 pada tingkat signifikan 95% ( = 0,025karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya, strategi Role Audience Format Topic memiliki pengaruh positif dalam pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 5 Palembang.