Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis Siswa setelah diterapkan pembelajaran menggynakan model CUPs pada materi hubungan antar sudut di SMP Negeri 18 Palembang. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII.8 dengan jumlah siswa 30 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tes dan data wawancara yang digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian menunjykkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan rata-rata sebesar 72,41 berkategori baik, dengan rincian sebagai berikut: persentase Kemampuan pemecahan masalah matematis kategori sangat baik sebesar 16,67%, dan untuk kategori baik sebesar 46,67%, untuk kategori cukup sebesar 20,00%, dan untuk kategori kurang sebesar 16,67%. Dengan demikian, penerapan model Conceptual Understanding Procedures dapat dijadikan alternatif Pembelajaran untuk meliht Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.