PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM TERHADAP SELF-PRESENTATION MAHASISWA (STUDI TERHADAP MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SRIWIJAYA ANGKATAN 2014-2016 FOLLOWER AKUN @UNSRICANTIK)
ctrlnum |
12699 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unsri.ac.id/12699/</relation><title>PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM TERHADAP SELF-PRESENTATION MAHASISWA (STUDI TERHADAP MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SRIWIJAYA ANGKATAN 2014-2016 FOLLOWER AKUN @UNSRICANTIK)</title><creator>RAFINIATI, RAFINIATI</creator><creator>Alfatih, Andy</creator><creator>Meilinda, Nurly</creator><subject>QA76.9.E94 Computer system performance. Computer Communication Networks. Computer science. Logic design. Operating systems (Computers).</subject><description>Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Self-Presentation Mahasiswa (Studi Terhadap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya Angkatan 2014-2016 Follower Akun @unsricantik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan instagram terhadap self-presentation mahasiswa follower akun @unsricantik dan untuk mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan instagram terhadap self-presentation mahasiswa follower akun @unsricantik. Variabel X (Penggunaan Instagram) menggunakan teori penggunaan media dari Bambang Dwi Admoko (2012:28-63) tentang 6 aktivitas penggunaan Instagram, yaitu posting, following, like, comment, mention dan message. Kemudian, Variabel Y (Self-Presentation Mahasiswa) menggunakan teori dari Schlenker (1989) tentang tolak ukur keberhasilan self-presentation yang meliputi dua hal, yaitu beneficiality dan believability. Metode didalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Instagram mempunya pengaruh yang signifikan terhadap self-presentation mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2014-2016 follower akun @unsricantik karena berdasarkan hasil t_hitung > t_tabel. Dimana t_hitung = 4,477 dan t_tabel = 1,993. t_tabel diperoleh dari derajat bebas (df) = N – 2 jadi 74 – 2 = 72. Nilai t_tabel dengan derajat kepercayaan sebesar 95% (signifikansi 5%). Berdasarkan hal tersebut, dapat diambil keputusan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Sedangkan berapa besarnya pengaruh antar variabel setelah data diproses dengan data diatas adalah sebesar 21,8%. Dari kesimpulan analisis diatas, menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan Instagram terhadap self-presentation mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Sriwijaya Angkatan 2014-2016 follower akun @unsricantik.</description><date>2018-07-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/12699/1/RAMA_70201_07031181419156_0024126003_0014059002_01_front_ref.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/12699/2/RAMA_70201_07031181419156_0024126003_0014059002_02.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/12699/3/RAMA_70201_07031181419156_0024126003_0014059002_03.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/12699/4/RAMA_70201_07031181419156_0024126003_0014059002_04.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/12699/5/RAMA_70201_07031181419156_0024126003_0014059002_05.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/12699/6/RAMA_70201_07031181419156_0024126003_0014059002_06_ref.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/12699/7/RAMA_70201_07031181419156_0024126003_0014059002_07_lamp.pdf</identifier><identifier> RAFINIATI, RAFINIATI and Alfatih, Andy and Meilinda, Nurly (2018) PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM TERHADAP SELF-PRESENTATION MAHASISWA (STUDI TERHADAP MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SRIWIJAYA ANGKATAN 2014-2016 FOLLOWER AKUN @UNSRICANTIK). Undergraduate thesis, Sriwijaya University. </identifier><recordID>12699</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
RAFINIATI, RAFINIATI Alfatih, Andy Meilinda, Nurly |
title |
PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM TERHADAP SELF-PRESENTATION MAHASISWA (STUDI TERHADAP MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SRIWIJAYA ANGKATAN 2014-2016 FOLLOWER AKUN @UNSRICANTIK) |
publishDate |
2018 |
isbn |
0703118141915 |
topic |
QA76.9.E94 Computer system performance. Computer Communication Networks. Computer science. Logic design. Operating systems (Computers) |
url |
http://repository.unsri.ac.id/12699/1/RAMA_70201_07031181419156_0024126003_0014059002_01_front_ref.pdf http://repository.unsri.ac.id/12699/2/RAMA_70201_07031181419156_0024126003_0014059002_02.pdf http://repository.unsri.ac.id/12699/3/RAMA_70201_07031181419156_0024126003_0014059002_03.pdf http://repository.unsri.ac.id/12699/4/RAMA_70201_07031181419156_0024126003_0014059002_04.pdf http://repository.unsri.ac.id/12699/5/RAMA_70201_07031181419156_0024126003_0014059002_05.pdf http://repository.unsri.ac.id/12699/6/RAMA_70201_07031181419156_0024126003_0014059002_06_ref.pdf http://repository.unsri.ac.id/12699/7/RAMA_70201_07031181419156_0024126003_0014059002_07_lamp.pdf http://repository.unsri.ac.id/12699/ |
contents |
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Self-Presentation Mahasiswa (Studi Terhadap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya Angkatan 2014-2016 Follower Akun @unsricantik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan instagram terhadap self-presentation mahasiswa follower akun @unsricantik dan untuk mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan instagram terhadap self-presentation mahasiswa follower akun @unsricantik. Variabel X (Penggunaan Instagram) menggunakan teori penggunaan media dari Bambang Dwi Admoko (2012:28-63) tentang 6 aktivitas penggunaan Instagram, yaitu posting, following, like, comment, mention dan message. Kemudian, Variabel Y (Self-Presentation Mahasiswa) menggunakan teori dari Schlenker (1989) tentang tolak ukur keberhasilan self-presentation yang meliputi dua hal, yaitu beneficiality dan believability. Metode didalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Instagram mempunya pengaruh yang signifikan terhadap self-presentation mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2014-2016 follower akun @unsricantik karena berdasarkan hasil t_hitung > t_tabel. Dimana t_hitung = 4,477 dan t_tabel = 1,993. t_tabel diperoleh dari derajat bebas (df) = N – 2 jadi 74 – 2 = 72. Nilai t_tabel dengan derajat kepercayaan sebesar 95% (signifikansi 5%). Berdasarkan hal tersebut, dapat diambil keputusan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Sedangkan berapa besarnya pengaruh antar variabel setelah data diproses dengan data diatas adalah sebesar 21,8%. Dari kesimpulan analisis diatas, menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan Instagram terhadap self-presentation mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Sriwijaya Angkatan 2014-2016 follower akun @unsricantik. |
id |
IOS8119.12699 |
institution |
Universitas Sriwijaya |
institution_id |
177 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya |
library_id |
1098 |
collection |
Sriwijaya University Institutional Repository |
repository_id |
8119 |
city |
OGAN ILIR |
province |
SUMATERA SELATAN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS8119 |
first_indexed |
2020-03-23T07:57:56Z |
last_indexed |
2020-03-23T07:57:56Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674860817231642624 |
score |
17.538404 |