TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN LAYANAN DISTIBUSI GAS ALAM RUMAH TANGGA DI KOMPLEK PERSADA KECAMATAN INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghitung tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan distribusi gas alam rumah tangga oleh PD. Petrogas Ogan Ilir di Komplek Persada Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini dilaksanakan terhadap pelanggan yang menggunakan gas alam rumah tangga PD. Petrogas Ogan Ilir di Komplek Persada Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Latar Belakang Penelitian ini adalah Keunggulan gas alam rumah tangga yaitu: hemat pengeluaran, tidak dibutuhkan penyimpananan, handal, aman, biaya perawatan rendah dan ramah lingkunga. Teori penelitian ini menggunakn teori kualitas pelayanan Zeithaml, Pasuraman, dan Berry (Zeithmal dkk, 1990:26) dengan menggunakan titik-titik pelayanan, seperti titik pelayanan awal, titik pelayanan proses dan titik pelayanan akhir. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel penelitian 72 pelanggan PD. Petrogas Ogan Ilir. Analisis data yang menggunakan importance-performance analysis dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian ini adalah secara keseluruhan pelanggan merasa puas terhadap layanan distribusi gas alam rumah tangga oleh PD. Petrogas Ogan Ilir di Komplek Persada Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir berdasarkan metode perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) yang mencapai nilai 0,705. Indikator yang perlu diperhatikan PD. Petrogas Ogan Ilir untuk memenuhi keinginan pelanggan berdasarkan nilai-nilai yang paling rendah pada tabel tingkat kesesuaian dan tabel perhitungan Customer Statisfaction Index (CSI) adalah pelayanan yang adil diberikan petugas di titik pelayanan awal bagian pendaftaran, petugas memberikan informasi yang mudah dimengerti di titik pelayanan proses bagian survei lokasi, perhatian yang diberikan petugas di titik pelayanan proses bagian pemsangan pipa jaringan gas dan pelayanan yang adil dalam menanggapi keluhan pelaanggan yang di berikan petugas di titik pelayanan akhir pada saat gas sudah dikonversi.