Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang terdapat dalam karangan narasi siswa kelas VII SMP Srijaya Negara Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis. Sumber data dalam penelitian ini adalah karangan narasi siswa kelas VII SMP Srijaya Negara Palembang. Data dikumpulkan dengan teknik tes mengarang. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kesalahan berbahasa berupa karangan narasi siswa kelas VII SMP Srijaya Negara Palembang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam karangan narasi siswa terdapat berbagai kesalahan, yaitu kesalahan ejaan mencakup kesalahan penggunaan huruf dalam kata, kesalahan penggunaan tanda baca dalam kalimat, kesalahan penulisan kata depan yang berimbuhan, kesalahan penulisan gabungan kata dalam kalimat, kesalahan penulisan huruf dalam kata, kesalahan penulisan kekurangan huruf dalam kata dan kesalahan penulisan kelebihan huruf dalam kata. Kesalahan morfologi mencakup kesalahan penulisan bentuk kata ulang dan kesalahan memilih bentuk imbuhan yang mengenai kata depan dan akhiran. Kesalahan sintaksis meliputi kesalahan yang tidak digunakannya kata hubung yang pada anak kalimat, kesalahan tidak digunakannya kata hubung dan, kesalahan karena adanya pengulangan predikat dalam satu kalimat tunggal dan pengulangan subjek. Faktor-faktor yang menjadi penyebab kesalahan tersebut adalah kurangnya pemahaman siswa dan pengaruh bahasa pertama siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan terutama kepada para guru bidang studi bahasa Indonesia agar memperhatikan tulisan siswa terutama karangan dan kegiatan menulis siswa. Hal ini untuk membiasakan siswa memperbaiki kalimat dan memperkaya kosa kata.