PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI GERAK PARABOLA BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL DI SMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini telah berhasil mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan bantuan permainan tradisional pada materi gerak parabola untuk mata pelajaran fisika Sekolah Menengah Atas yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan model Rowntree, yaitu : 1) tahap perencanan; 2) tahap pengembangan; dan 3) tahap evaluasi. Tahap evaluasi pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari 4 tahap yaitu : (1) self evaluation; (2) expert review; (3) one-to-one evaluation; (4) small group. Penelitian ini diuji cobakan di SMA Negeri 8 Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi ahli dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitian pada tahap expert review menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik (LKPD) berada pada kategori sangat valid, dengan persentase rerata total validator terhadap LKPD sebesar 89,80% dan RPP 93,33%. Hasil angket tanggapan peserta didik pada tahap one-to-one menunjukkan persentase rerata sebesar 76,89 dengan kategori praktis, dan pada tahap small group menunujukkan persentase rerata sebesar 90,37% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan telah valid dan praktis.