Daftar Isi:
  • Telah berhasil dikembangkan laboratorium virtual materi gerak parabola untuk SMA/MA kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 2 Palembang yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research) dengan langkah-langkah penelitian pengembangan Rowntree yang terdiri dari 3 tahap yaitu : (1) tahap perencanaan; (2) tahap pengembangan; dan (3) tahap evaluasi. Pada tahap uji empiris menggunakan evaluasi formatif yang diadaptasi dari evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) self evaluation; (2) expert review; (3) one-to-one evaluation; dan (4) small group. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap expert review nilai persentase rerata total dari validator ahli sebesar 89,5% dengan kategori sangat baik kevaliditasannya, dan persentase penilaian angket tanggapan siswa yang diperoleh pada tahap one-to-one evaluation sebesar 87,61% dengan kategori sangat baik kepraktisannya dan pada small group sebesar 89,04 % dapat dinyatakan sangat baik kepraktisannya