EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GETARAN SISWA SMA N 14 OKU
Daftar Isi:
- Telah diakukan penelitian untuk mengetahui keefektifan penggunaan LKS berbasis penemuan terbimbing. LKS yang digunakan adalah LKS yang telah dikembangkan pada penelitian sebelumnya. Penelitian dilakukan pada sekolah yang masih menggunakan KTSP yaitu SMA N 14 OKU. Variabel independen dalam penelitian ini adalah LKS berbasis penemua terbimbing pada materi getaran untuk mata pelajaran fisika dan Variabel dependen penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas XI SMA N 14 OKU. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan tes berupa soal essai yaitu pretest dan posttest yang berjumlah 7 soal. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah sama, yaitu kelas XI IPA karena pada SMA Negeri 14 OKU yang telah diteliti hanya ada 1 kelas saja untuk kelas XI IPA pada tahun ajaran 2017/2018. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan gain yang yang dinormalisasi. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan pembelajaran fisika menggunakan LKS berbasis penemuan terbimbing 100% siswa sudah mencapai nilai KKM yang ditetapkan yaitu 71 sehingga dapat dikatakan efektif terhadap hasil belajar siswa. Hasil tes siswa juga menunjukkan perubahan yang signifikan antara pretest dan posttest. Analisis gain ternormalisasi sebesar 0,703 yang termasuk dalam kategori n-gain tinggi. Dengan kata lain pembelajaran fisika menggunakan LKS berbasis penemuan terbimbing ini efektif jika diterapkan di SMA Negeri 14 OKU yang masih menerapkan KTSP.