ANALISIS KEMAMPUAN EKSPERIMEN BERPIKIR DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN OGAN ILIR
Daftar Isi:
- Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui kemampuan eksperimen berpikir siswa kelas X SMA Negeri Se-Kabupaten Ogan Ilir dalam memecahkan masalah fisika dengan cara menganalisis materi hukum newton dan penerapannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya dan siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Selatan Hasil penelitian yang diperoleh kemampuan eksperimen berpikir baik kelompok siswa SMA Negeri 1 Indralaya Selatan, siswa SMA Negeri 1 Indralaya, siswa laki-laki, maupun siswa perempuan serta siswa SMA Se-Kabupaten Ogan Ilir dari yang paling tinggi secara berturut-turut yaitu kemampuan eksperimen berpikir yang bersifat constructive, descructive dan platonic. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa SMA Negeri Se-Kabupaten Ogan Ilir dalam klasifikasi kemampuan eksperimen berpikir menurut Brown bersifat constructive.