Daftar Isi:
  • Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran berbasis kearfian lokal kabupaten OKI materi hukum archimedes untuk sekolah menengah atas. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan serta menggunakan model pengembangan Rowntree digunakan untuk mengembangkan video pembelajaran. Model ini terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Pada penelitian ini, tahap evaluasi yang digunakan adalah tahap evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari 5 tahap, yaitu self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation dan field test. Pada penelitian ini, video pembelajaran sebatas untuk pengujian kevalidan dan kepraktisan, sehingga tahap field test tidak dilaksanakan. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough dan angket. Berdasarkan hasil pada tahap expert review untuk ahli materi (content) sebesar 80,00 % (kategori valid) dan untuk ahli media (lay-out) sebesar 94,79% (kategori sangat valid). Pada tahap one-to-one evaluation didapatkan rerata hasil penilaian angket peserta didik sebesar 86,71% (kategori sangat praktis). Pada uji coba small group evaluation, rerata hasil penilaian angket tanggapan peserta didik terhadap penggunaan video pembelajaran adalah 91,25% (kategori sangat praktis). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis kearifan lokal kabupaten OKI materi hukum archimedes yang dikembangkan telah valid dan praktis.