Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar pada materi pokok gerak melingkar siswa kelas X di Madrasah Aliyah Babussalam Payaraman Kabupaten Ogan Ilir. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain pre-test postest only control design. Variabel dalam penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran inkuri terbimbing, dan variabel terikat yaitu hasil belajar pada materi pokok gerak melingkar. Populasi penelitian ini adalah seluruh Kelas X di Madrasah Aliyah Babussalam Payaraman Kabupaten Ogan Ilir, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dan diperoleh sampel siswa kelas X.1 dengan jumlah sebanyak 31 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar pada materi pokok gerak melingkar siswa kelas X di Madrasah Aliyah Babussalam Payaraman Kabupaten Ogan Ilir termasuk dalam kategori efektif dengan nilai rata-rata Gain sebesar 0,65 yang termasuk antara 0,3 < g < 0,70.