HUBUNGAN KEYAKINAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan keyakinan diri dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Indralaya Selatan. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi terdiri dari seluruh kelas X IIS SMA Negeri 1 Indralaya Selatan, pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling didapat kelas X IIS 3 berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan test. Analisis angket keyakinan diri terkategori baik frekuensi terbanyak 84% (21 peserta didik). Serta hasil analisis test hasil belajar terkategori baik frekuensi terbanyak 36% (9 peserta didik). Untuk uji hipotesis menggunakan rumus korelasi Poduct Moment (r) dengan membandingkan r-hitung (0,634135) > r-tabel (0,413). Artinya ada hubungan yang kuat antara keyakinan diri dengan hasil belajar peserta didik di SMA N 1 Indralaya Selatan. r-hitung 0,634135termasuk kategori kuat. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pendidik dan sekolah agar dapat menerapkan kegiatan pembelajaran yang mampu meningkatkan keyakinan diri peserta didik.