ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PADA MATERI KINEMATIKA ROTASI MENGGUNAKAN INSTRUMEN ROTATIONAL KINEMATICS INVENTORY (RKI) DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa terhadap konsep Kinematika Rotasi menggunakan Instrumen Rotational Kinematics Inventory. Penelitian dilakukan di program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya dengan subjek penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika angkatan 2015 kelas Indralaya berjumlah 38 orang. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan Rotational Kinematics Inventory dalam bentuk pilihan ganda (multiple choice) dengan alasan (reasoning) terbuka. Analisis data deskriptif kuantitatif digunakan untuk mencari persentase pemahaman mahasiswa berdasarkan 5 kategori pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya pada materi kinematika rotasi paling tinggi yaitu pada kategori tidak paham konsep 60%, miskonsepsi utuh 32,4%, paham sebagian konsep 3, 8%, paham konsep 3,2% dan paham sebagian konsep disertai miskonsepsi 0,8%. Mahasiswa banyak tidak paham konsep dalam menjelaskan konsep pada materi kinematika rotasi.