PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS TEORI PERUBAHAN KONSEPTUAL UNTUK MATERI SUHU DAN KALOR SLTA
Daftar Isi:
- Telah dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar teks perubahan konseptual untuk materi Suhu dan Kalor di SLTA yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi peneliti menggunakan evaluasi formatif Tessmer berupa self evaluation, one-to-one evaluation dan small group evaluation. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data dengan menggunakan lembar validasi ahli dan angket yang masing masing nilai kevalidan yaitu pada aspek isi memiliki nilai rata rata 98,5% dengan kategori sangat valid, pada aspek kesesuaian kebutuhan bahan ajar memiliki nilai rata rata sebesar 91,7 % dengan kategori sangat valid, aspek kebahasaan memiliki nilai rata rata sebesar 93,3 % dengan kategori sangat valid, aspek sajian memiliki nilai rata rata sebesar 95,3 dengan kategori sangat valid, serta pada aspek kegrafisan memiliki nilia rata rata kevalidan sebesar 91,3% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan bahan ajar ini dilihat dari skor rata rata angket pada tahap one-to-one evaluation dan small group yang diperoleh hasil nilai kepraktisan sebesar 87,53% dan 90,7% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, telah berhasil dikembangkan bahan ajar teks perubahan konseptual untuk materi Suhu dan Kalor di SLTA yang valid dan praktis. Bahan ajar teks perubahan konseptual ini dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan meremediasi miskonsepsi materi Suhu dan Kalor.