Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Pengaruh Manajemen Kelas terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IIS di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Pengambilan sampel penelitian menggunakan Cluster Random Sampling, terpilih kelas X IIS 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian yaitu observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data observasi menggunakan rumus persentase diperoleh rerata manajemen kelas 93,75 % masuk dalam kriteria penilaian sangat baik. Teknik analisis data angket diperoleh sebesar 70,40% dengan kriteria penilaian baik. Hasil uji hipotesis diperoleh Fhitung ≥ Ftabel atau 25,18 ≥ 4,22. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Dari hasil penelitian ini, guru harus dapat lebih memahami kondisi belajar yang kurang optimal, yang sesuai dengan situasi dalam proses pembelajaran di kelas, agar peserta didik lebih tertarik pada pembelajaran.