PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI GARIS SINGGUNG PERSEKUTUAN DUA LINGKARAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DI SMP NEGERI 17 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi garis singgung persekutuan dua lingkaran setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan Pendididkan Matematika Realistik Indonesia di SMP Negeri 17 Palembang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 dengan jumlah siswa 32 orang. Proses pembelajaran yang berlangsung disesuaikan dengan prinsip dan karakteristik dari PMRI. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes tertulis yang terdiri dari 5 soal uraian dan wawancara sebagai penguatan data hasil tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada materi garis singgung persekutuan dua lingkaran setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terkategori baik; 15 siswa terkategori baik; 6 siswa terkategori cukup dan tidak ada siswa yang hasil belajarnya berkategori kurang dan sangat kurang.