Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Tanjung Raja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IIS berjumlah 73 dan sampel penelitian ini berjumlah 37 peserta didik yang diambil menggunakan teknik Cluster random. Teknik pengumpulan data digunakan angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemandirian belajar memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar. Hal ini dilihat dari thitung > ttabel yaitu 7,91 > 2,0301 yang menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Tanjung Raja. Diharapkan peserta didik selalu menerapkan kedisiplinan dan rasa tanggung jawab terhadap tugas yang berkaitan dengan pembelajaran dengan itu hasil belajar peserta didik lebih meningkat lagi, bukan hanya itu dengan harapan peserta didik memiliki inisiatif dan keseriusan dalam proses pembelajaran.