Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model think pair share (TPS) berbantuan media bulletin boardterhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Penelitian ini merupakan jenispenelitian eksperimen dengan menggunakan desain Pre-Experimentaldesign dengan bentuk one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Sampel penelitian ini ditentukan dengan cluster randomsampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes berbentuk soal pilihan ganda dan observasi. Teknik analisis data berupa uji normalitas data dan uji linearitas regresi. Pengujian hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji-t test related dan di-peroleh thitung = 10,41> ttabel = 1,683 sehingga ho ditolak dan ha diterima, kemudian uji korelasi product moment didapat nilai r = 0,783 dengan korelasinya tinggi. Berdasarkan analisis data korelasi product moment juga menunjukan sumbangan pengaruh model think pair share berbantuan media bulletin board sebesar 78,3 % ini artinya 21,7 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan data yang telah dianalisis didapat data bahwa ada pengaruh model think pair share berbantuan media bulletin boardterhadap hasil belajar pesera didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Saran bagi guru yang akan menerapkan model TPS berbantuan media bulletin boardpada saat pembagian kelompok, anggota terdiri peserta didik yang mempunyai tingkat prestasi yang berbeda agar dapat bertukar ide dengan baik.