Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah materi persamaan kuadrat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah materi persamaan kuadrat. Siswa kelas IX.A SMP Srijaya Negara menjadi subjek penelitian dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah materi persamaan kuadrat, siswa melakukan beberapa kesalahan. Kesalahan yang dilakukan para siswa meliputi kesalahan dalam membaca kalimat pada soal sebanyak 6,89 % dan 24,13 %, kesalahan dalam memahami permasalahan matematika sebanyak 17,24 % dan 31,03 %, kesalahan dalam mengubah permasalahan matematika sebanyak 20,68 % dan 31,03 %, kesalahan dalam proses perhitungan sebanyak 13,79 % dan 31,03 %, serta kesalahan siswa dalam menyimpulkan permasalahan sebanyak 93,10 % dan 96,55 %. Kesalahan terbanyak adalah Encoding Error atau kesalahan dalam menyimpulkan jawaban.