Daftar Isi:
  • Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas penerapan multimedia interaktif berbasis kecerdasan majemuk dalam pembelajaran fisika materi termodinamika. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan menggunakan rancangan pretest dan posttest group. Populsi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA semester genap SMAN 6 Prabumulih. Sampel penelitian yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling terdiri dari 34 siswa kelas XI IPA 5 SMAN 6 prabumulih. Data dikumpulkan dengan tes konsep termodinamika. Didapatkan rata-rata pretest dari masing-masing kecerdasan diperoleh sebesar 43,9 untuk kecerdasan verbal, 43,75 untuk kecerdasan visual dan 42,5 untuk kecerdasan matematis. Setelah treatmen, hasil rata-rata posttest dari masing-masing kecerdasan meningkat sebesar 78,3 untuk kecerdasan verbal, untuk kecerdasan visual meningkat sebesar 75,0 dan untuk kecerdasan matematis meningkat sebesar 76,9. Berdasarkan analisis N-gain di dapatkan rata-rata N-gain dari semua kecerdasan yaitu sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Sesuai dengan kriteria efektivitas, pembelajaran dikatakan efektif jika N-gain berada pada kategori sedang.