Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris dan Menumbuhkembangkan Kecerdasan Emosional Melalui Teknik Permainan Bahasa Pada Siswa Kelas III SDN 262 Palembang

Main Author: Sumarni, Sri
Format: Article NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya dan Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unsri.ac.id/10368/1/UPAYA_MENINGKATKAN_HASIL_BELAJAR_BAHASA_INGRIS.pdf
http://repository.unsri.ac.id/10368/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk memperbaiki hasil pelajaran bahasa inggris dan mengembangkan kecerdasan emosi dari 21 siswa dari tiga kelas SD Negeri 262 Palembang, pada tahun akademik 2010/2011 melalui permainan bahasa teknis. Penelitian ini telah dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus memiliki langkah-langkah berikut: perencanaan, tindakan, obsevasi, refleksi, dan revisi. Hal ini dilakukan selama sekitar tiga bulan (24 pertemuan). Data itu berupa pos reset dari nilai siswa tiap siklus, maka mereka dianalisis dengan menggunakan test untuk memenuhi tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari hasil tes bahasa inggris. Jadi dapat dikatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan kecerdasan emosional secara signifikan antara sebelum dan sesudah teknik yang diajarkan. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa permainan bahasa teknis dapat meningkatkan nilai siswa dalam bahasa Inggris dan mengembangkan kecerdasan emosional mereka. Kata kunci: kecerdasan emosional, permainan bahasa, hasil belajar bahasa Inggris