FAKTOR YANG MEMOTIVASI PEREMPUAN DALAM BERWIRAUSAHA PADA UMKM KROPUK SANGNGNGAR DI KECAMATAN KWANYAR KABUPATEN BANGKALAN

Main Authors: irawati, anugrahini, Sudarsono, Bambang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram , 2020
Subjects:
Online Access: http://distribusi.unram.ac.id/index.php/distribusi/article/view/104
http://distribusi.unram.ac.id/index.php/distribusi/article/view/104/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian dilakukan untuk mengetahui Faktor yang memotivasi perempuan dalam berwirausaha pada UMKM Kropuk Sangngar di Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. Populasi pada penelitian adalah wirausaha perempuan pada UMKM kropuk sanggar. Pendekatan yang digunakan adalah diskriptif kualitatif, dimana data dikumpulkan melalui wawancara kepada 45 wirausaha perempuan. Ada 3 faktor yang memotivasi perempuan berwirausaha yaitu 1). Faktor Keluarga (Confidence Modalities), 2). Faktor yang Disengaja (Emotion Modalies), 3).. Faktor Pemaksa (Tension Modalities). Berdasarkan hasil penelitian ternyata Faktor Keluarga (Confidence Modalities) merupakan faktor yang memotivasi perempuan dalam berwirausaha, sedangkan faktor keluarga yang dimaksud yaitu keturunan mempunyai kekuatan internal dalam mendukung dan memotivasi perempuan dalam berwirausaha. Kondisi ini didukung oleh lingkungan keluarga yang sangat kental jiwa wirausahanya sehingga memudahkan dan mensukseskan mereka dalam melakukan usahanya.