Pendidikan Karakter Sekolah Dasar di Era New Normal

Main Authors: Sumiana, Wahyu Susiloningsih
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas PGRI Adi Buana Surabaya , 2020
Subjects:
Online Access: http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa/article/view/2731
http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa/article/view/2731/2230
Daftar Isi:
  • This article describes the implementation of primary school character education in the new normal era. Each individual has a different character that characterizes each individual, which is reflected in their attitudes, thoughts and actions. In the world of education, students really need character to form their personal good, honest, wise, responsible and able to respect others. Character education is a conscious and planned effort to teach values, character, morals through habituation with the aim of developing students' abilities to be able to decide good and bad, exemplary in solving problems in society in the future. Implementation of character education which is usually taught through habituation at school must be changed online. This research is a descriptive qualitative research. The subjects in this study were teachers and students of SD Negeri Simomulyo I, Sukomanunggal, Surabaya. The data collection technique used was observation of the implementation of character education. The observation data obtained were then reported descriptively. The results of the research were obtained from observations where the implementation of character education in the New Normal Diera was carried out online. Two of the five character values ​​that cannot be implemented in the new normal era, these character values ​​are mutual cooperation and integrity.
  • Artikel ini mendeskripsikan penyelenggaraan pendidikan karakter sekolah dasar di era new normal. Setiap individu memiliki karakter berbeda-beda yang menjadi ciri khas setiap individu tersebut yang tercermin dari sikap, pikiran, dan tidakan. Dalam dunia pendidikan peserta didik sangat membutuhkan karakter untuk membentuk pribadi mereka yang baik, jujur, bijaksana, bertanggung jawab dan bisa menghormati orang lain. Pendidikan karakter merupakan usaha sadar dan terencana untuk mengajarkan nilai, budi pekerti, moral melalui pembiasaan dengan tujuan mengembangkan kemampuan siswa untuk dapat memutuskan baik dan buruk, keteladanan dalam menyelesaikan masalah di masyarakat kelak. New normal yang berarti kehidupan normal baru di masa pandemi ini. Penyelenggaran pendidikan karakter yang biasa diajarkan melalui pembiasaan-pembiasaan di sekolah maka harus diubah secara online. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SD Negeri Simomulyo I, Sukomanunggal, Surabaya. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi penyelenggaraan pendidikan karakter. Data hasil observasi yang diperoleh kemudian dilaporkan secara deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh dari observasi dimana penyelenggaraan pendidikan karakter diera new normal dilaksanakan secara online. Dua dari lima nilai karaker yang belum bisa terlaksana di era new normal, nilai karakter tersebut adalah gotong royong dan integritas