AGAMA DAN NEGARA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH

Main Author: Arake, Lukman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah dan Hukum Islam IAIN Bone , 2019
Online Access: https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/aladalah/article/view/200
https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/aladalah/article/view/200/125
ctrlnum article-200
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">AGAMA DAN NEGARA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH</title><creator>Arake, Lukman</creator><subject lang="en-US"/><description lang="en-US">Islam datang tidak hanya membawa ajaran akidah semata, tidak juga datang untukmengatur perilaku manusia semata yang kemudian dijadikan dasar nilai dalammembangun kesepahaman di antara mereka. Akan tetapi Islam di samping datangmembawa hal-hal yang disebutkan, juga membawa syariat dengan penuhkejelasan dan nilai-nilai keadilan. Syariat itulah yang kemudian mengaturkehidupan umat manusia secara keseluruhan. Selain mengatur semua bentukhubungan manusia, Islam juga telah meletakkan banyak nilai-nilai serta prinsipprinsipyang bersifat umum guna dijadikan oleh manusia sebagai dasar dalammelakukan interaksinya dengan sesama. Karena Islam telah datang membawaberbagai macam aturan dan prinsip-prinsip hidup maka kemudian untukmengimplementasikan semua itu dalam kehidupan nyata, umat Islam dituntutmendirikan negara agar semuanya dapat diatur dengan baik. Oleh sebab itu Islamkemudian disebut dengan risalah khalidah, dinan alamiyyan dan penutup semuarisalah untuk umat manusia, bersifat menyeluruh sampai dunia berakhir.Semenjak Nabi SAW tinggal di Madinah bersama para sahabatnya, beliaumenjadikan Madinah sebagai tanah airnya. Para sahabat memberikan kewenangankepada Nabi untuk menjadi pemimipin di tengah-tengah mereka denganmenjadikan syariat Islam yang bersumber dari al-Qur&#x201F;an dan hadis sebagai aturanyang harus dipatuhi oleh semua. Maka dari itu, nampak jelas bahwa Islam bukanhanya sekedar agama yang mengajarkan masalah akidah dan ibadah ritual semata,akan tetapi Islam adalah agama dan negara. Itulah sebabnya para ulamamenyatakan bahwa syariat Islam diwahyukan oleh Allah kepada Nabi, tujuannyaagar manusia dapat hidup bahagia tidak hanya di dunia, tetapi juga di akhirat.</description><publisher lang="en-US">Program Studi Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah dan Hukum Islam IAIN Bone</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2019-07-08</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/aladalah/article/view/200</identifier><identifier>10.35673/ajmpi.v3i2.200</identifier><source lang="id-ID">Al-Adalah: Jurnal Hukum dan Politik Islam; Vol 3, No 2 (2018); 79-116</source><source lang="en-US">Al-Adalah: Jurnal Hukum dan Politik Islam; Vol 3, No 2 (2018); 79-116</source><source>2685550X</source><source>24068802</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/aladalah/article/view/200/125</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 Lukman Arake</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0</rights><recordID>article-200</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Arake, Lukman
title AGAMA DAN NEGARA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH
publisher Program Studi Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah dan Hukum Islam IAIN Bone
publishDate 2019
url https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/aladalah/article/view/200
https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/aladalah/article/view/200/125
contents Islam datang tidak hanya membawa ajaran akidah semata, tidak juga datang untukmengatur perilaku manusia semata yang kemudian dijadikan dasar nilai dalammembangun kesepahaman di antara mereka. Akan tetapi Islam di samping datangmembawa hal-hal yang disebutkan, juga membawa syariat dengan penuhkejelasan dan nilai-nilai keadilan. Syariat itulah yang kemudian mengaturkehidupan umat manusia secara keseluruhan. Selain mengatur semua bentukhubungan manusia, Islam juga telah meletakkan banyak nilai-nilai serta prinsipprinsipyang bersifat umum guna dijadikan oleh manusia sebagai dasar dalammelakukan interaksinya dengan sesama. Karena Islam telah datang membawaberbagai macam aturan dan prinsip-prinsip hidup maka kemudian untukmengimplementasikan semua itu dalam kehidupan nyata, umat Islam dituntutmendirikan negara agar semuanya dapat diatur dengan baik. Oleh sebab itu Islamkemudian disebut dengan risalah khalidah, dinan alamiyyan dan penutup semuarisalah untuk umat manusia, bersifat menyeluruh sampai dunia berakhir.Semenjak Nabi SAW tinggal di Madinah bersama para sahabatnya, beliaumenjadikan Madinah sebagai tanah airnya. Para sahabat memberikan kewenangankepada Nabi untuk menjadi pemimipin di tengah-tengah mereka denganmenjadikan syariat Islam yang bersumber dari al-Qur‟an dan hadis sebagai aturanyang harus dipatuhi oleh semua. Maka dari itu, nampak jelas bahwa Islam bukanhanya sekedar agama yang mengajarkan masalah akidah dan ibadah ritual semata,akan tetapi Islam adalah agama dan negara. Itulah sebabnya para ulamamenyatakan bahwa syariat Islam diwahyukan oleh Allah kepada Nabi, tujuannyaagar manusia dapat hidup bahagia tidak hanya di dunia, tetapi juga di akhirat.
id IOS8082.article-200
institution IAIN BONE
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 3700
institution_type library:university
library
library PERPUSTAKAAN IAIN BONE
library_id 2885
collection Al-Adalah: Jurnal Hukum dan Politik Islam
repository_id 8082
city WATAMPONE
province SULAWESI SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS8082
first_indexed 2020-03-31T08:21:46Z
last_indexed 2020-03-31T08:21:46Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1686598004166885376
score 17.538404