Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Disiplin belajar Siswa

Main Authors: Pewangi, Mawardi, Satriani, Sitti
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Makassar , 2019
Subjects:
Online Access: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/2790
https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/2790/2218
Daftar Isi:
  • AbstrakTujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan pembentukan disiplin belajar siswa di SMP Negeri 1 Barombong dan mengetahui peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan disiplin belajar siswa di SMP Negeri 1 Barombong. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Deskriptif kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif beruapa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. Ke dua jenis penelitian ini diguanakan untuk mengetahui Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Disiplin Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Barombong Kabupaten Gowa. Usaha pembentukan disiplin belajar, dapat dilakukan dengan cara: 1) Memberi contoh atau tauladan kepada siswa dalam melaksanakan perintah Allah dan dalam kehidupan sehari-hari. 2) Memberikan kebebasan pada siswa 3) Memberi pujian dan hukuman Pujian yang diberikan 4) Menetapkan peraturan yang tetap dan konsisten. 5) Penyesuaian dengan sikap siswa. 6) Menjelaskan kegunaan atau manfaat disiplin. Upaya peran guru agama dalam pembentukan disiplin belajar PAI yang harus dilaksanakan antara lain: 1) Peran guru sebagai pembimbing, 2) Peran guru sebagai contoh atau tauladan, 3) Peran guru sebagai motivator dan 4) Peran guru sebagai inspirator