Penerapan Model Customer Relationship Management Sistem Pemesanan Jasa Fotografi Foosyshoot Studio

Main Authors: -, Kurniaty -, -, Nurlina -
Format: Article info application/pdf Proceeding
Bahasa: eng
Terbitan: SISITI : Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi , 2019
Online Access: https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sisiti/article/view/208-216
https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sisiti/article/view/208-216/149
Daftar Isi:
  • Perkembangan dunia usaha yang semakin maju menyebabkan timbulnya persaingan yang semakin ketat. Salah satu cara untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan adalah menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Karena mempertahankan pelanggan yang sudah ada jauh lebih mudah dibandingkan dengan mendapatkan pelanggan baru. Persaingan bisnis yang sangat ketat akan sangat memerlukan langkah-langkah strategis untuk menghadapinya. Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa seperti Foodyshoot yang bergerak dalam bidang fotografi yang sedang menghadapi persaingan ketat. Sangat penting untuk mengetahui dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cepat dan tepat. Kehadiran Customer Relationship Management (CRM) akan mampu untuk mengatasi masalah di atas karena tujuan CRM adalah untuk mendapatkan inti dari konsep pelanggan yang tidak jelas dan meletakkannya dalam kerangka aplikasi. Salah satu langkah yang juga dapat ditempuh untuk menghadapi masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan teknologi dan konsep pemasaran yang ada yaitu dengan pemanfaatan CRM (Customer Relationship Managemet) berbasis web. Untuk dapat memanfaatkan hal CRM tersebut perlu dibangun terlebih dahulu secara pertahap. Abstrak ini membatasi pembangunan sampai perancangan web, penggunaan basis data dan mengaplikasikan teori yang ada ke dalam praktek sehingga bermanfaat bagi dunia bisnis/industri. Kondisi perusahaan dalam bidang jasa (fotografi) saat ini akan di eksplorasi dan akan dilakukan observasi terhadap kebutuhan akan layanan yang dapat diberikan kepada para pelanggan. Dalam prosesnya, CRM menunjukkan bagaimana pemasaran bekerja dan sistem yang dijalankan harus mampu mendukung lingkungan e-commerce.